By ABA Invest, Updated at 10 Aug 2023

Perbedaan Trading VS Investing Dari Berbagai Segi

1 Lot Saham Berapa Lembar

Bagi yang ingin berbisnis dalam penanaman modal, banyak pemula yang masih bingung perbedaan trading dan investasi. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini akan dijelaskan bedanya trading vs investing yang harus Anda ketahui.

Secara harfiah, keduanya memiliki makna yang berbeda. Trading dalam Bahasa Indonesia memiliki arti berdagang. Sedangkan pengertian investing memiliki arti kegiatan membeli saham yang digunakan guna berinvestasi saham dalam jangka panjang.

Trading VS Investing Saham di Pasar Modal

Setelah mengetahui pengertian harfiah trading vs investing, lalu apa perbedaan keduanya dalam dunia saham? Supaya tidak bingung mengenai keuntungan yang didapat trading dan investing, pahami pengertiannya dulu.

Pertama, ketahui dulu pengertian dari trader saham. Trader saham adalah perdagangan atau pembelian saham yang mendapatkan profitnya dalam waktu singkat.

1. Perbedaan dari Segi Cara Kerja

Cara kerja trading saham ini dilakukan oleh trader dengan memanfaatkan naik turunnya harga saham untuk mendapatkan keuntungan. Dengan menerapkan konsep ini, baik perusahaan besar atau kecil pasti berfluktuasi pada harga saham.

Hal ini terjadi karena adanya supply dan demand di suatu perusahaan. Semakin banyak yang melakukan penawaran pada perusahaan tersebut, maka harga menjadi turun. Sedangkan jika lebih banyak permintaan harganya lebih tinggi lagi.

Jadi, seorang trader tidak terlalu memikirkan tentang pondasi perusahaan karena tidak memikirkan dalam jangka panjang. Yang dipikirkan oleh trader hanyalah melihat fluktuasi dari saham.

Sedangkan untuk investing memiliki cara kerja untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, seseorang yang melakukan investing harus memiliki kesabaran ekstra.

Penting bagi perusahaan memilih perusahaan yang memiliki prospek bagus untuk masa depan.

2. Analisis yang Digunakan

Trading VS investing dapat dilihat dari analisis yang dipakai. Untuk trading lebih mengarah pada analisis teknikal dibandingkan dengan fundamental. Sedangkan investing cenderung mengandakan analisis fundamental.

Mengapa demikian? Hal ini karena bagi trader tidak terlalu memikirkan fundamental perusahaan yang ditanam modalnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, trading tidak terlalu mempertimbangkan profit jangka panjang sehingga analisis teknikal lebih diandalkan.

Analisis teknikal adalah analisis pergerakan harga dan pola yang tergambar di masa lalu. Pola ini diprediksi akan terulang sehingga para trader memperkirakan apakah perusahaan tersebut layak untuk ditanam modalnya atau tidak.

Sedangkan investing mengarah ke analisis fundamental karena data perusahaan harus diriset secara lengkap mulai dari laporan keuangan, paparan publik, dsb. Semua itu dilakukan karena investor saham memikirkan strategi jangka panjang untuk memperoleh keuntungan yang besar.

3. Faktor Risiko

Jika dilihat dari risikonya, trading lebih memiliki risiko yang besar. Hal ini karena aktivitasnya membutuhkan fokus tinggi untuk memilih perusahaan tersebut. Tak heran jika seringkali trader akan menguras waktu dan tenaganya untuk melihat fluktuasi saham.

Trader harus menangkap peluang yang tepat gua mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek. Meski pendek, apabila dilakukan dengan frekuensi yang tinggi dan dilakukan sesering mungkin, tentu penghasilan yang didapatkan juga akan tinggi.

Sedangkan investing lebih memiliki prinsip menahan kepemilikan dalam waktu lama sehingga risikonya juga tidak terlalu tinggi karena keuntungannya masih dalam waktu yang lama.

Penutup

Demikian penjelasan trading vs investing yang harus Anda ketahui. Pada intinya, trading lebih memanfaatkan tren market atau price action dalam waktu pendek sedangkan investing lebih mengarah pada membeli aset kepemilikan dalam waktu panjang.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
setahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence