By ABA Invest, Updated at 22 Jun 2023

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

golden cross dalam trading

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading.

Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham

Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pergerakan harga saham. Ketika saham dalam keadaan moving average atau MA jangka pendek dan melintasi di atas MA jangka panjang.

Apakah masih bingung? Ya, memang memahami adanya golden cross dalam saham tidak mudah karena harus tahu bagaimana membaca grafik dengan benar.

Jika melihat grafik dalam keadaan golden cross artinya pasar bullish (bull market) akan segera datang. Sebetulnya dari sebutannya telah terlihat yaitu golden, adalah waktu atau saat terbaik untuk melakukan dan disarankan untuk membeli saham.

Contoh yang paling mudah misalnya indikator MA menghasilkan pola golden cross yang sering digunakan. MA tersebut adalah MA 15-day bergerak melintasi MA 50-day. Selanjutnya MA 50-day terus bergerak melintasi MA 100-day.

Begitulah seterusnya dan ketika grafik memperlihatkan hal tersebut saat terbaik untuk melakukan analisis pembelian saham.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Golden Cross Saham

Membeli saham memang mudah jika ada modal dan memang ada momen golden cross. Namun, tidak semudah itu karena tetap membutuhkan analisa yang dalam agar mampu meminimalkan resiko.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat golden cross antara lain:

1. Memperkuat Sinyal Bullish

Perlintasan antara moving average saat mencapai momen golden cross akan disertai volume trading cukup tinggi. Volume ini memicu dan memperkuat adanya sinyal bullish.

2. Tahan Lama

Dalam membaca momen golden cross, perlu perhatian bahwa semakin besar time frame chart akan semakin kuat dan tahan lama efek sinyalnya. Efek sinyal akan berpengaruh golden cross yang sedang muncul.

3. Mendapatkan Titik Entry dan Exit Ideal

Apabila trading berlaku dalam jangka pendek, adanya sinyal MA dapat memanfaatkan indikator tipe oscillator. Dengan begitu ada keuntungan yang didapatkan, yaitu:

·      Lebih mudah melacak momen paling tepat untuk pengambilan keputusan.

·      Mampu mendapatkan titik entry terbaik dalam trading.

·      Begitu pula dapat mendapatkan posisi titik exit yang lebih ideal.

Mendapatkan titik-titik ideal dalam berbagai tahap golden cross akan menguntungkan trader. Selain itu mampu mengambil keputusan terbaik dalam membeli saham.

Ini yang Harus Dilakukan Saat Momen Golden Cross

Jika menemukan grafik MA jangka pendek melintasi jangka panjang jangan malah bingung mau melakukan apa. Pergerakan trading berperiode rendah sangat cepat dan waktunya dalam hitungan detik.

Untuk itu hal terpenting yang harus segera dilakukan adalah:

·      Langsung beli sahamnya.

·      Grafik dengan tampilan tersebut menunjukkan saham dalam kondisi tren menguat.

·      Keadaan tren menguat menunjukkan saham memiliki peluang untuk baik atau bullish.

·      Adanya golden cross saham sangat dipercaya trader karena grafik tersebut akurat. Pola yang akan menunjukkan kenaikan secara pasti dan menghasilkan profit jika dibeli.

Sebagai pengingat jika saat golden cross jangan melakukan penjualan saham. Pola yang terbentuk secara tidak langsung memberi tahu trader saat yang paling baik adalah membeli. Namun, tidak dengan menjual saham karena profit minim atau bahkan malah beresiko.

Cara Mudah Identifikasi Golden Cross

Pemahaman mudah saat golden cross adalah membeli saham, tapi bagaimana cara mengidentifikasi golden cross yang baik?

Bagi yang sudah terbiasa dengan saham tentu sangat mudah dalam identifikasi momen grafik saat tepat beli saham tersebut. Namun, bagi yang masih belajar, perlu mengetahui identifikasi dengan benar.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Tahap Pertama

Kemunculan downtrend sehingga tampilan grafik harga akan berbeda. Jika mengamati lebih jeli grafik harga berada pada posisi terendah saat pasar bearish mulai rendah.

2. Tahap Kedua

Terjadinya moving average dalam jangka waktu pendek akan terjadi pergerakan ke atas. Pergerakan bakal memotong moving average jangka panjang. Dengan adanya tren tersebut yang terjadi adalah pembalikan tren harga.

3. Tahap Ketiga

Adanya uptrend atau kenaikan harga secara berkelanjutan menuju titik tertentu yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Terlihat sederhana mengamati dalam menilai pergerakan ini, tapi tidak terlalu sulit jika sudah terbiasa.

Jika golden cross adalah waktu terbaik melakukan pembelian saham, bagaimana dengan istilah death cross? Apa perbedaan keduanya?

Beda Golden Cross dan Death Cross

Sebelum mengetahui perbedaan mendasar dari golden cross dan death cross, ada baiknya trader memahami death cross.

Death cross saham adalah sinyal permulaan pasar bearish atau mark down. Bentuk polanya berupa grafik perlintasan antara MA periode rendah atau jangka pendek ke bawah MA periode jangka panjang.

Contoh death cross misalnya MA 50-day bergerak melintas ke bawah MA 100-day. Selanjutnya MA 100-day bergerak terus ke bawah MA 200-day. Kemudian akan seperti itu terus menuju bawah.

Ketika grafik yang terbentuk adalah death cross maka MA yang berperiode lebih tinggi. Level tinggi otomatis menjadi resistan pada pasar bearish pada periode mendatang. Dalam death cross ada pula rentang waktu yang perlu menjadi perhatian.

Penentuan death cross adalah 200 hari dan 50 hari, artinya MA 200 dan MA 50. Hanya saja ada pula yang menentukan rentang waktu berbeda. Misalnya menggunakan waktu 30 hari dan 100 hari artinya MA 30 dan MA 100.

Dengan demikian dapat melihat perbedaan golden cross saham dan death cross secara lebih lengkap, yaitu:

1. Perbedaan Jangka Waktu

Pada golden cross moving average adalah jangka pendek. Sedangkan ada death cross jangka waktunya adalah panjang.

2. Pola Grafik

Ketika melihat pola pada grafik terlihat perbedaan mencolok antara keduanya. Untuk golden cross moving average jangka panjang berada di atas. Kebalikan dengan death cross karena moving average jangka panjang berada di bawahnya.

3. Jenis Sinyal

Adanya perbedaan jenis sinyal yang akan menentukan trader dalam pengambilan keputusan. Untuk golden cross saham terjadi sinyal kenaikan harga atau bullish. Pada death cross terjadi sinyal penurunan harga atau bearish.

Dengan melihat perbedaan keduanya, akan terlihat lebih lengkap bahwa ada momen tertentu yang harus diperhatikan trader sebelum jual dan beli saham. Jika dalam grafik menemukan death cross, beberapa hal perlu menjadi perhatian.

Ini yang Harus Dilakukan Saat Momen Death Cross

Berbeda dengan golden cross, momen bertemu dengan death cross akan berbeda perlakukan. Jangan untuk membeli saham, tapi lakukan hal di bawah ini.

·      Memutuskan langsung menjual saham.

·      Dari grafik akan terlihat bahwa harga saham jangka pendek tren menurun.

·      Tren menurun ini bisa menjadi momen untuk langsung menjual aset kepemilikan saham.

·      Jika tidak segera melakukan jual saham maka bisa saja sahamnya semakin turun harganya.

·      Dengan semakin menurunnya harga saham, sangat rugi jika tetap dipertahankan karena tidak ada nilai jualnya.

Menentukan untuk menjual saham seperti ini agar kemungkinan mendapatkan laba masih terjadi. Meskipun profit sedikit tapi tidak merugi.

Apakah Golden Cross dan Death Cross Indikator Mutlak?

Dalam pengambilan keputusan trading memang ada berbagai indikator menjadi pertimbangan. Seperti halnya golden cross dan death cross, tapi keduanya tidak dapat menjadi indikator mutlak keputusan trader.

Keputusan harus tetap melihat indikator lain yang tidak kalah pentingnya, misalnya saja:

·      Kondisi perekonomian secara lokal dan global yang dapat berubah dalam hitungan menit.

·      Keadaan politik yang mungkin terjadi ketimpangan.

·      Berita pertumbuhan perekonomian.

Indikator yang lainnya akan memberikan banyak masukan untuk keputusan terbaik. Trader juga wajib mengetahui money management dan trading plan agar bisnis berjalan lancar mendapatkan keuntungan berlipat.

Selain itu perlunya memperhatikan adanya fake golden cross dan fake death cross. Jika masih bingung, fake ini sama saja dalam bermedia sosial, terdapat akun yang tidak nyata untuk kepentingan tertentu.

Begitu pula fake golden dan death cross, ada saja pola peningkatan dan penurunan grafik persilangan fake. Artinya pembuatan dengan struktur metode MA yang bersifat sementara, makanya harus tetap waspada agar minim resiko.

Penutup

Bermain dalam trading membutuhkan skill khusus untuk memutuskan transaksi jual atau beli. Keputusan dalam bermain trading dapat dilihat dari pergerakan saham dalam grafik golden cross atau death cross.

Momen golden cross saham adalah saat terbaik untuk melakukan pembelian saham. Sedangkan death cross saham adalah saat tepat untuk jual saham. Namun, hal ini bukan indikator mutlak karena ada indikator lain yang tetap perlu menjadi perhatikan.

Share this article
Bacaan Lain

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence

Mengenal Fraksi Harga Saham: Pengertian, Cara Kerja, Aturan Fraksi

Pernah dengar istilah fraksi harga saham? Ini merupakan sistem yang mengatur nilai harga saham jika mengalami kenaikan maupun penurunan. Sistem ini yang menjaga perubahan harga saham tetap stabil dan teratur. Aturan fraksi saham ini sangat penting untuk dipahami, agar ketika suatu saham mengalami perubahan, dapat dilihat secara jelas berdasarkan peraturan yang berlaku. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pemahaman dasar sistem fraksional pada harga saham yang berlaku di Indonesia. Ber
setahun yang lalu  4 minute
Fraksi saham