By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

Pengertian, Gaya Trading, Manfaat dan Cara Screening Saham Terbaik

Cara Screening Saham Terbaik

Bermain saham menjadi pilihan menarik karena dapat dilakukan secara online. Namun ada kalanya pelaku bisnis bingung dan mencari tahu cara screening saham terbaik agar tidak salah langkah.

Sebelum mengetahui caranya secara lengkap, ada baiknya pula mengetahui apa itu screening, gaya trading hingga manfaatnya terlebih dahulu. Gaya trading mempengaruhi bagaimana langkah screening saham yang hendak dipilih.

Apa Itu Screening Saham

Secara umum, pengertian screening saham adalah sebuah cara investor atau trader dalam memfilter atau menyaring saham berdasar pada kriteria dan indikator tertentu.

Indikator tersebut antara lain:

·      Berdasarkan nilai kapitalisme pasar emiten.

·      Berapa banyak nominal keuntungan bersih.

·      Persentase utang terhadap ekuitas.

·      Valuasi saham.

·      Seberapa besar margin keuntungan.

Ada pula indikator berdasar pada moving average demi keuntungan optimal. Jumlah saham yang terdaftar sekarang mencapai 800 saham, bagaimana memfilter mana yang bagus dan sesuai kriteria kebutuhan pelaku saham.

Tanpa screening saham, dijamin bakal pusing dan bingung menentukan langkah. Untuk hasil terbaik, kadang, investor mengandalkan adanya tool atau aplikasi screening sesuai kriteria.

Bagaimana langkah dan caranya, bisa menyesuaikan gaya trading para pelaku saham.

Gaya Trading untuk Menentukan Cara Screening Saham

Ternyata ada berbagai gaya dalam menjalankan bisnis trading. Ada baiknya jika cara screening saham menyesuaikan gaya trading masing-masing untuk hasil terbaik.

Gaya trading tersebut yaitu:

1. Scalping

Scalping adalah salah satu strategi dengan waktu sangat sempit. Biasanya mengacu pada hal berikut:

·      Mengharapkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

·      Menggunakan analisa teknikal dan jenis grafik minute and hourly chart.

·      Bisa disebut dengan strategi hit and run.

2. Day trading

Melihat namanya bisa disimpulkan gaya ini jangka waktunya harian dengan waktu relatif singkat juga. Karakteristik gaya trading ini antara lain:

·      Berprinsip volatilitas sehingga mampu melakukan beberapa transaksi sekaligus dalam waktu sehari.

·      Broker akan menyediakan akun khusus.

·      Penawaran fee lebih murah daripada akun trading reguler.

3. News Trading

Gaya news trading melihat dari berita dan informasi terbaru yang muncul dalam lingkup masyarakat secara umum. Metode untuk melakukan pergerakan jual beli saham pasar uang berdasar trading.

4. Swing Trading

Trader Indonesia banyak menggunakan gaya ini dalam permainan trading untuk menghasilkan laba optimal. Jangka waktunya adalah sehari dengan waktu maksimal selama seminggu.

Memilih saham untuk swing trading bisa dikatakan susah-susah gampang, tapi tetap menarik karena banyak yang berhasil dengan gaya ini.

Khusus kali ini membahas screening saham untuk swing trading meskipun dapat pula dipraktekkan untuk yang lain.

Cara Screening Saham Swing Trading

Sudah disebutkan sebelumnya cara screening membutuhkan indikator tertentu sesuai kriteria. Screening dapat pula dilakukan secara manual atau analisa teknikal.

Langkah dan cara screening saham agar keuntungan sesuai harapan bisa cek berikut ini.

1. Menentukan Indikator

menentukan indikator trading

Cara pertama adalah menentukan indikator sekaligus nominal nilai dari masing-masing indikator. Indikator berguna untuk menyaring bagaimana prospek saham yang sesuai kriteria.

Contoh mudahnya melihat indikator saham berdasarkan volume trading harian. Pada volume tinggi maka semakin tinggi volatilitas harga instrumen yang bersangkutan.

Namun, jika volatilitas rendah, saham terus meningkat tajam dengan harga melonjak karena sepi peminat. Keputusan saham seperti apa yang bagus atau tidak nilai jualnya berpengaruh untuk melakukan filter saham ini.

2. Perhatikan Fitur Filter

Dalam melakukan screening saham tentu ada aplikasi yang siap membantu dalam melakukan filter. Aplikasi memberikan banyak fitur pilihan yang bisa langsung terlihat dalam akun.

Berbagai kemudahan dalam menggunakan aplikasi screening saham yaitu:

·      Pada filter dapat menulis kriteria saham sesuai keinginan. Kriteria mencakup nilai kapitalisasi pasar, tingkat kenaikan harga hingga besaran volume trading harian.

·      Kriteria lain dapat pula dimasukkan khususnya indikator teknikal misalnya relative strength index atau RSI.

·      Kriteria mana saja bisa cek lagi sebelum klik untuk melanjutkan dan tampilan layar akan segera berubah sesuai indikator.

·      Bagi trader hal ini memudahkan pekerjaan karena tidak perlu cek satu persatu ratusan trading saham dalam Bursa Efek Indonesia.

Fitur sangat praktis dan menghemat waktu dalam analisa saham terbaik.

3. Melihat Pergerakan Saham

Setelah melihat berbagai saham yang sesuai kriteria, saatnya melihat pergerakan harga saham satu persatu. Minimalitas akan memudahkan trader menentukan mana sekiranya yang memiliki prospek bagus.

Beberapa hal penting untuk menjadi perhatian adalah:

·      Pada tahap ini lakukan penarikan garis resistance dan support harga untuk periode jangka waktu tertentu.

·      Tarik garis demikian bertujuan untuk memastikan bahwa ada kenaikan secara keseluruhan.

·      Pada area resistance dan support tidak ada break out bawah baik true atau false.

·      Jika menemukan true breakout bawah maka pada umumnya akan terjadi penurunan harga jangka waktu tertentu.

·      Untuk memantapkan pilihan bisa menambahkan indikator lain sebagai pendukung. Misalnya saja indikator simple moving average atau average directional index.

·      Penambahan indikator bertujuan untuk mengetahui apakah saham overbought dan oversold.

Penambahan indikator mempengaruhi bagaimana pergerakan saham dalam screening. Filter terbaik akan membantu menentukan langkah terbaik dalam trading.

4. Melakukan Analisa

Melakukan investasi saham membutuhkan kepandaian dalam menganalisa bursa saham secara real time. Akan tampak karakteristik saham tertentu yang seolah naik tapi bisa pula anjlok pada dua hari ke depan.

Terdapat pula saham yang trend-nya sedang naik terus karena membayar dividen secara rutin. Trader yang kritis harus mampu melihat semua peluang tersebut untuk mengamati karakteristik saham.

Analisa fundamental berfungsi sebagai screening yang bagus dalam menentukan jual beli saham. Cara menganalisa bisa dengan banyak langkah salah satunya membaca laporan tahunan perusahaan yang tersedia dalam tool aplikasi saham.

5. Rajin Mencatat

Setiap analisa yang dilakukan akan menghasilkan salah satu instrumen dengan kesimpulan berbagai data. Jangan lupa mencatat poin penting dari hasil analisa tersebut.

Dari hasil mencatat maka jika menemukan hal yang hampir sama bisa melakukan perbaikan dan evaluasi. Kadang dana juga mepet sehingga analisa sebelumnya dapat dijadikan pokok utama dalam memutuskan saham mana yang paling bagus.

Filter ulang semacam ini menciptakan peluang baru untuk dapat memutuskan saham terbaik sesuai kriteria. Tanpa mencatatnya kemungkinan lupa lebih tinggi dan dapat merugikan diri sendiri.

Mengetahui cara memfilter saham akan memberikan banyak manfaat dalam permainan trading. Apa saja manfaatnya? Silakan lanjut terus baca artikel ini.

Manfaat Mengetahui Cara Screening Saham

Mengapa trader atau investor perlu mengetahui cara memfilter saham terbaik? Tentu karena banyak manfaatnya. Untuk lebih jelasnya manfaat screening adalah sebagai berikut:

1. Dapat Saham Berkualitas

Manfaat pertama dalam screening saham adalah mendapatkan saham terbaik dan berkualitas. Tanpa filter saham, bisa jadi pilihan saham kurang sesuai kriteria dan saham tidak berkualitas.

Dari screening saham akan lebih valid mengetahui mana saham bagus dan tidak yang sesuai kriteria.

2. Hasil Konsisten

Manfaat kedua adalah hasil konsisten artinya akan seperti sebelumnya atau ada peningkatan signifikan. Peningkatan penghasilan dari trading memang harapan semua pelaku saham.

Melakukan screening secara cermat dan analisa terbaik memberikan banyak keuntungan dengan timbal balik yang relevan. Bahkan akan terus meningkat karena pilihan saham memiliki prospek yang bagus.

3. Memantau Investasi

Dengan adanya screening maka pantauan investasi terjaga dengan baik setiap waktu. Mana saham yang memberikan hasil terbaik dan sebaliknya.

Terdapat saham tertentu yang menguntungkan sehingga akan mempersempit pilihan untuk mendapatkan keputusan terbaik.

Penutup

Bermain trading memang menyenangkan dengan keuntungan dalam waktu lumayan singkat. Namun tetap harus realistis karena memiliki resiko tinggi.

Dalam melakukannya pastikan menggunakan uang dingin sehingga aman dan tidak terjerat hal yang merugikan. Kemudian mengetahui cara screening saham agar mendapatkan saham terbaik. Selanjutnya pasang strategi stop loss untuk mencegah resiko yang mungkin muncul.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
2 tahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
2 tahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
2 tahun yang lalu  3 minute
strategi divergence