By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

Kriteria dan Daftar Saham Syariah Terbaik Indonesia 2022

Daftar Saham Syariah Terbaik Indonesia

Sudah banyak orang yang melakukan investasi saham agar mendapatkan penghasilan tambahan. Diantara banyaknya saham ini ada saham syariah terbaik yang pelaksanaannya sudah sesuai dengan syariat Islam.

Ada berbagai daftar saham syariah terbaik 2022 yang bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan keuntungan. Jenis saham ini banyak diincar oleh para investor muslim karena dirasa lebih aman karena berpedoman pada prinsip Islam. Lalu, apa sajakah daftarnya? Mari kita simak bersama.

Kriteria Saham Syariah

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan saham syariah berdasarkan Bursa Efek Indonesia adalah hasil yang didapatkan dari saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Setidaknya, ada dua jenis saham syariah yang sudah diakui oleh Indonesia. Pertama adalah saham yang sudah memenuhi syarat seleksi saham syariah. Hal tersebut sebagaimana dicantumkan dalam peraturan OJK No. 35/POJK.04/2017.

Jenis saham syariah yang kedua adalah saham yang dicatatkan sebagai saham syariah yang dilakukan oleh perusahaan publik atau emiten. Hal ini juga sudah diatur dalam peraturan berikut ini: OJK No.17/POJK.04/2015.

Untuk memenuhi kriteria seleksi saham syariah berdasarkan pada aturan OJK, maka ada beberapa hal yang perlu dipenuhi. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Tidak Melakukan Beberapa Kegiatan Usaha yang Dilarang

Syarat pertama sebuah perusahaan masuk ke saham syariah adalah tidak boleh menjalankan kegiatan usaha yang terlarang baik secara hukum maupun agama agar tidak melanggar syariat.

Poin-poin penting larangan kegiatan tersebut adalah berkaitan dengan:

·      Perjudian atau permainan yang termasuk dalam judi.

·      Perdagangan yang sudah dilarang menurut Islam seperti penawaran palsu atau tidak ada barang atau jasa.

·      Jual beli yang mengandung ketidakpastian atau judi.

·      Memproduksi, menyebarluaskan, menjual, atau menyediakan barang yang haram atau merusak moral dan memberikan mudarat.

·      Melakukan transaksi yang mengandung suap.

2. Memenuhi Rasio Keuangan

Syarat atau kriteria selanjutnya yaitu memenuhi rasio keuangan yang berdasarkan:

·      Total utang yang berdasarkan bunga dibandingkan seluruh aset yang dimiliki tidak melebihi 45%.

·      Seluruh pendapatan bunga dan pendapatan yang tidak halal dibandingkan dengan jumlah total revenue dan berbagai pendapatan lainnya tidak melebihi 10%.

Jika semua syarat tersebut dipenuhi maka saham tersebut sudah bisa dikatakan sebagai saham syariah. Dari berbagai saham syariah ini, Anda perlu memilih yang terbaik sehingga berikut ini akan diberikan rekomendasinya.

Daftar Saham Syariah Terbaik Indonesia 2022

Perlu diketahui bahwa emiten dalam daftar berikut sudah termasuk dalam indeks saham syariah Indonesia. Contohnya pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index).

JII70 Index tersebut adalah indeks saham yang berbasis syariah dan sudah dirilis sejak 2018 yang lalu. Di dalam konstituen tersebut hanya ada 70 saham syariah yang paling likuid sehingga memiliki potensi besar dan menguntungkan. Semua itu sudah tertulis dalam BEI.

Sebelum lanjutnya ke daftar saham syariah terbaik, Anda harus mengetahui beberapa kriteria likuiditas sampai akhirnya terpilihlah 70 saham syariah terbaik itu. Berikut adalah syaratnya:

·      Saham syariah tersebut sudah tercatat dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dalam konstituen Indeks Saham Syariah.

·      Hasil seleksi dari 150 saham menurut tingkat rata-rata kapitalisasi yang paling tinggi dalam waktu 1 tahun terakhir.

·      Kemudian, dari 150 saham tersebut akhirnya diambil 70 yang juga berlandaskan pada rata-rata nilai transaksi harian yang ada pada pasar reguler paling tinggi.

Akhirnya, terpilihlah 70 saham terbaik yang memiliki potensi tinggi untuk gemilang di tahun 2022. Diantara saham tersebut antara lain sebagai berikut:

1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk

Jenis saham syariah terbaik yang pertama adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BRIS. Perusahaan ini termasuk dalam emiten yang memiliki keuntungan bersih yang menggiurkan. Di tahun 2021 saja, labanya mencapai Rp 3,02 triliun.

Kemudian, jumlah tersebut terus mengalami peningkatan sampai pada akhirnya naik hingga 38.45% tahunnya.

Tidak hanya laba bersih, kinerja dari pengelolaan dana ini juga naik sekitar 5,1% dari tahun 2020 ke 2021. Dari yang awalnya Rp 16,9 triliun bertambah menjadi Rp 17,8 triliun.

2. PT Bank BTPN Syariah Tbk

Saham syariah terbaik berikutnya adalah PT Bank BTPN Syariah yang disingkat dengan BTPS. Di tahun lalu, bank ini mencatat performa keuangannya yang bagus. Laba bersih yang dihasilkannya di tahun 2021 mencapai 116% secara tahunan.

Dari kemajuan inilah, BTPS terus meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi nasabahnya agar lebih banyak jumlah nasabah yang tersedia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah di BTPS.

Diketahui bahwa saat ini ada sekitar 6 juta nasabah yang sudah mendaftar ke BTPS. Sedangkan 4 jutanya adalah nasabah aktif.

3. PT Adaro Energy (ADRO)

Berikutnya adalah PT Adaro Energy (ADRO) yang sudah membuat perkembangan yang baik untuk saham syariahnya. Di tahun 2021 ADRO sudah memberikan pertumbuhan yang meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya meski menghadapi beberapa rintangan.

Perusahaan pertambahan ini pernah merugi sampai 88 ribu US dollar di dua tahun sebelumnya (2020). Namun, ADRO kemudian berhasil meningkatkan labanya di tahun 2021 tepatnya di bulan September dengan kenaikan yang luar biasa.

Di tahun tersebut, emiten ini mendapatkan laba sampai dengan Rp 745 miliar. Yang berperan meningkatkan laba tersebut yaitu dari batu bara yang kian meningkat. Kenaikan ini diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2022.

4. PT Japfa Comfeed Indonesia

Emiten dengan kode JPFA ini adalah perusahaan yang terkenal dan termasuk dalam saham syariah terbaik. Perusahaan tersebut bergerak di bidang peternakan yang membuat produksinya banyak dibutuhkan.

Diketahui bahwa di kuartal ketiga 2021, PT Japfa Comfeed Indonesia telah memberikan penilaian yang positif karena mencapai Rp 1,6 triliun. Jumlah ini terbilang sangat besar dibandingkan di tahun sebelumnya (2020) yang membuat labanya hanya mencapai Rp 190 miliar.

Adanya peningkatan yang signifikan inilah yang membuat JPFA disebut telah berhasil meningkatkan keuntungannya menjadi lebih baik sehingga perusahaan ini berhasil rebound dengan rentang jumlah keuntungan yang besar.

Diketahui, pada 6 Januari 2022, saham Japfa dijual sampai Rp 1.740 tiap sahamnya. Harga tersebut diprediksi akan stabil.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur

Saham syariah terbaik selanjutnya dan sudah termasuk dalam JII70 yaitu ICBP atau PT Indofood CBP Sukses Makmur. Saham yang ada di perusahaan ini adalah Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Saham ini termasuk salah satu saham dengan penghasilan yang tinggi. Hal tersebut terbukti dari pendapatannya yang besar yaitu sampai Rp 42,6 triliun. Sedangkan untuk keuntungannya di tahun 2021 pada bulan September adalah Rp 6,2 triliun.

6. PT Telkom Indonesia Tbk

Saham syariah terbaik berikutnya adalah dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu PT Telkom Indonesia Tbk. Banyak layanan yang diberikannya tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga memiliki jaringan internet.

Tak heran apabila saham di PT Telkom Indonesia Tbk cukup menggiurkan. Sebagai emiten telekomunikasi, dirinya berhasil mencatatkan keuangannya dengan penghasilan mencapai Rp 106 triliun yang terjadi di kuartal ketiga pada 2021.

Selanjutnya, untuk laba di tahun yang sama juga berhasil meningkatkannya sampai Rp 25,7 triliun. Nominal ini tentu bernilai besar sehinga banyak para investor yang menanamkan modalnya di perusahaan ini.

Baik pendapatan dan laba yang dihasilkannya di tahun 2021 terjadi peningkatan yang baik dibandingkan dengan tahun selanjutnya. Oleh sebab itu, termasuk saham syariah terbaik yang memiliki potensi positif di tahun 2022.

7. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau yang disingkat dengan Emtek termasuk daftar saham syariah terbaik. Melalui emiten ini, diperkirakan akan menjadi pilihan yang strategis dan potensial di 2022.

Salah satu alasannya adalah karena masuknya mitra baru yaitu Singtel dan Grab yang terjadi di saham bank digital membuatnya memiliki kinerja yang cemerlang di 2022 ini.

Saham Syariah Lainnya

Selain yang sudah dijelaskan di atas, masih ada banyak saham syariah lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Apabila Anda menjadi investor, penting untuk memperhatikan penghasilan yang diberikan oleh perusahaan tersebut sampai dengan laba bersih yang didapatkannya.

Dengan demikian, Anda bisa memprediksi secara tepat mana perusahaan yang cocok untuk dipilih. Berikut ini adalah sebagian saham yang sudah termasuk dalam Jakarta Islamic Index sebagai di tahun 2021 adalah sebagai berikut:

·      Aneka Tambang Tbk – Kode ANTM

·      Barito Pasific Tbk – Kode BRPT

·      Bukalapak.com – Kode BUKA

·      Charoen Pokphand Indonesia Tbk – Kode emitennya adalah CPIN

·      Kalbe Farma Tbk – Kode KLBF

·      Vale Indonesia Tbk – Kode INCO

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai saham syariah terbaik yang bisa Anda miliki. Namun, pastikan untuk melakukan riset lanjutan mengenai perusahaan tersebut meski sudah dinilai cukup potensial untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Selamat mencoba.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
setahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence