By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

Jadwal dan Jam Bursa Saham untuk Jual-Beli di Bursa Efek Indonesia

Jadwal dan Jam Bursa Saham

Dividen aset saham kamu cairnya lama? Jangan curiga dulu ya, bisa jadi karena kamu mencairkan dana di waktu dan hari yang salah. Lho, kok bisa, ya? Iya, dong. Karena ada yang namanya jadwal bursa saham yang wajib banget kamu hafalin!

Berikut ini penjelasan mengenai jadwal operasional tetap Bursa Efek Indonesia dan jadwal libur bursa saham terbaru selama tahun 2023.

Proses Pencairan Dana Aset Saham

Dana yang proses cairnya lama bisa jadi dikarenakan waktu pencairan/withdraw atau beli saham diluar jam operasional yang diajukan kurang tepat. Karena jika kamu melakukan withdraw ke rekening kamu saat bursa tutup, maka baru bisa diproses di hari setelahnya.

Juga perlu diingat, bahwa proses pencairan dana aset investasi tidak secepat seperti mencairkan uang tunai di bank konvensional, ya. Ada beberapa tahapan dari transaksi jual-beli saham sampai di masuk ke rekening pribadi kamu.

Mulai dari proses pengajuan, pengecekan dari pihak BEI, persetujuan, hingga pemindahan dana ke rekening RDN kamu. Setelah dana berhasil masuk ke akun RDN kamu, baru bisa kamu pindahkan ke rekening biasa atau ke debit card. Lebih rincinya adalah sebagai berikut:

●     Nasabah melakukan pengajuan order jual/beli saham.

●     Order masuk ke BEI/IDX Indonesia yang ditangani oleh pihak anggota bursa efek.

●     Proses serah efek (bila jual), dan serah dana (bila beli).

●     Setelah diterima, selanjutnya adalah proses terima dana (bila jual), dan terima efek (bila beli).

●     Transaksi  selesai dan bisa dicek pada portofolio nasabah.

Proses ini bisa memakan waktu 3-5 hari kerja. Apalagi jika kamu salah waktu ketika melakukan permohonan withdraw ke rekening kamu. Bisa jadi memakan waktu seminggu bahkan lebih!

Jadi, ada baiknya untuk menambah pengetahuan kita mengenai jadwal dan jam bursa saham di Indonesia. Mari ketahui jam pasarnya bursa saham Indonesia pada penjelasan berikut ini.

Jadwal Jam Bursa Saham di Indonesia

Sama seperti kantor dan perusahaan lain pada umumnya, bursa sarana jual-beli saham Indonesia atau biasa juga dikenal dengan Bursa Efek Indonesia (BEI/IDX) memiliki jadwal bursa saham.

Untuk hari buka adalah weekdays, yakni dari hari Senin sampai dengan Jumat. Untuk jam bursa saham buka dagang, dibagi menjadi dua sesi. Jadwal jam bursa saham dimulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Kemudian jeda istirahat makan siang selama satu jam.

Jam perdagangan saham bursa kembali dibuka mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Pada weekend, hari Sabtu dan Minggu, adalah jadwal bursa saham libur tetap. Jadi pastikan kamu sudah memperhitungkan kapan akan membeli saham atau menjualnya agar pencairannya tidak tertunda hari libur.

Jadi, singkatnya jadwal bursa saham tetap BEI adalah:

●     Buka pada Senin hingga Jumat, jam perdagangan bursa mulai pukul 09.00 sampai 16.00 (Jeda istirahat mulai pukul 12.00 sampai 13.00 WIB).

●     Libur pada hari Sabtu-Minggu.

Untuk jadwal bursa saham yang lebih rinci terkait pembukaan memasukkan penawaran jual beli saham dari pihak BEI, dan lain sebagainya, bisa kamu cek detailnya melalui laman resmi BEI pada website idx atau klik di sini.

Selain itu, ada juga hari dimana BEI diliburkan alias tutup dan tidak beroperasi. Berikut ini pembahasan mengenai hari libur bursa saham RI selama tahun 2023.

Jadwal Hari Libur Bursa Efek Indonesia 2023

Umumnya, jadwal hari libur bursa saham Indonesia diumumkan setiap tahun. Nah, untuk jadwal hari libur bursa saham RI di tahun 2023 sudah dirilis, nih. Mengingat sebentar lagi sudah memasuki tahun baru berdasarkan kalender Masehi.

Di hari-hari besar dan libur nasional, bursa saham Indonesia tidak akan beroperasi alias tutup. Selain jadwal tetap hari libur bursa saham Indonesia di hari Sabtu dan Minggu, berikut tanggal dan bulan saat bursa saham Indonesia akan libur.

Januari 2023

●     Senin, 23 Januari 2023 = Cuti Bersama Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

Februari 2023

●     Tidak ada jadwal libur bursa.

Maret 2023

●     Rabu, 22 Maret 2023 = Hari Raya Suci Nyepi Memperingati Tahun Baru Saka 1945.

●     Kamis, 23 Maret 2023 = Cuti Bersama Hari Raya Suci Nyepi Memperingati Tahun Baru Saka 1945.

April 2023

●     Jumat, 7 Maret 2023 = Wafat Isa Al Masih.

●     Jumat, 21 Maret 2023 = Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

●     Senin-Rabu, 24-26 Maret 2023 = Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Mei 2023

●     Senin, 1 Mei 2023 = Peringatan Internasional Hari Buruh.

●     Kamis, 18 Mei 2023 = Hari Memperingati Kenaikan Isa Al Masih.

Juni 2023

●     Kamis, 1 Juni 2023 = Hari Lahir Pancasila.

●     Jumat, 2 Juni 2023 = Cuti Bersama Hari Waisak 2567 BE.

●     Kamis, 29 Juni 2023 = Hari Raya Islam Memperingati Idul Adha Tahun 1444 Hijriah.

Juli 2023

●     Rabu, 19 Juli 2023 = Hari Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

Agustus 2023

●     Kamis, 17 Agustus 2023 = Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

September 2023

●     Kamis, 28 September 2023 = Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW.

Oktober 2023

●     Tidak ada jadwal libur bursa.

November 2023

●     Tidak ada jadwal libur bursa.

Desember 2023

●     Senin, 25 Desember 2023 = Hari Raya Besar Natal.

●     Selasa, 26 Desember 2023 = Cuti Bersama Hari Raya Besar Natal.

Informasi tambahan mengenai hari libur Tahun Baru Masehi 2023, Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dan Hari Raya Waisak 2567 BE tidak dimasukan dalam daftar jadwal hari libur bursa saham RI.

Hal ini dikarenakan hari raya tersebut jatuh pada hari Sabtu dan Minggu, yang merupakan hari libur tetap bursa saham Indonesia, sehingga secara otomatis sudah pasti libur. Itulah mengapa alasannya tidak dimasukan dalam jadwal hari libur bursa saham Indonesia 2023.

Untuk lebih sering update terus dengan jadwal bursa saham Indonesia, kamu bisa mengunjungi website www.idx.co.id lalu pilih jadwal libur saham.

Jadwal operasional dan hari libur bursa saham selalu dibagikan setiap tahunnya, so jangan sampai ketinggalan informasinya, ya!

Akhir Kata

Agar kamu bisa segera mandiri secara finansial, ada baiknya untuk tidak hanya mengandalkan satu pemasukan saja. Mulai buka jalur income lainnya yang bisa membantu menambah aset pribadi kamu, salah satunya dengan memiliki saham.

Memperoleh keuntungan dari investasi saham tentunya akan sangat menjanjikan. Sebelum kamu ingin terjun ke dunia investasi dan trading saham, ada baiknya untuk menambah ilmu dan informasi mengenai hal tersebut.

Agar kamu sebagai investor memiliki persiapan yang cukup sehingga dapat memperoleh profit sesuai dengan yang diharapkan.

Sekian pembahasan mengenai jadwal bursa saham Indonesia yang wajib banget kamu tahu dan hafal, ya. Agar tidak lagi melakukan transaksi jual-beli saham diluar jam bursa, dan bisa memilih momen yang tepat untuk mencairkan dana dividen dari profit aset saham kamu.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
2 tahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
2 tahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
2 tahun yang lalu  3 minute
strategi divergence