By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

Copy Trading Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Tips

Copy Trading Adalah

Dalam dunia bisnis, sering kita mendengar istilah dalam trading. Trading adalah aktivitas di pasar keuangan. Di dalam trading, ada pula istilah lainnya yaitu copy trading. Copy trading adalah layanan yang digunakan untuk bisa menyalin posisi trading secara otomatis.

Copy trading adalah istilah yang ternyata sudah ada sejak 20 tahun yang lalu yang berkaitan dengan perdagangan Forex. Meski begitu, pengenalan istilah ini belum banyak diketahui oleh orang awam. Untuk itu, berikut akan dijelaskan secara rinci maksud dari copy trading.

Copy Trading Adalah: Layanan Posisi Trading

Untuk lebih jelasnya, diketahui bahwa copy trading adalah cara dalam dunia trading yang dilakukan dengan menyalin posisi trading. Penggunaan copy trading ini biasa dilakukan dari para ahli trader untuk bermanfaat bagi dirinya.

Cara kerja copy trading adalah dengan menyambungkan akun yang dimiliki kepada akun trader ahli. Jadi, Anda perlu memilih trader ahli yang profesional dan terbaik untuk dijadikan sebagai patokan atau inspirasi dalam menyalin pergerakan trading.

Copy trading mencerminkan strategi perdagangan yang membuat investasi yang dilakukan memiliki keuntungan lebih besar dengan cara melihat top trader.

Contoh kasusnya adalah setelah Anda mengikuti trader ahli tersebut, Anda kemudian mengamati pergerakan mereka. Saat trader ahli meningkatkan sahamnya dengan membeli 50 lembar di perusahaan tertentu, Anda pun juga akan melakukan cara yang sama.

Itulah maksud dari copy trading yang perlu diketahui. Jadi, copy trading adalah tindakan yang sama seperti yang dilakukan oleh trader ahli untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Fungsi Copy Trading

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam pemilihan trader ahli ini adalah harus disesuaikan dengan goals investasi Anda. Jadi, tidak hanya asal memilih trader terkenal tetapi juga penting untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya adalah ketika Anda ingin memilih investasi konservatif, maka yang perlu diperhatikan adalah memilih trader yang menjalankan investasi yang serupa. Dengan demikian, terjalan kesesuian dengan tujuan yang Anda inginkan dalam berinvestasi.

Copy trading juga dapat dilakukan secara mandiri atau menggunakan aplikasi atau situs untuk membantu Anda berinvesasi. Akhir-akhir ini, banyak yang melakukan strategi copy trading karena dirasa paling menguntungkan.

Adapun fungsi copy trading adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Proses Trading

Strategi copy trading adalah pilihan yang tepat karena memiliki manfat bagi Anda sebagai trader. Dengan melakukan strategi ini, proses trading akan menjadi lebih mudah karena menggunakan satu sistem yang dipakai oleh seorang trader ahli.

Para ahli ini akan bisa menjadi inspirasi bagi trader pemula agar bisa mencapai goals yang dimilikinya.

2. Mekanisme Mudah

Fungsi berikutnya dari copy trading adalah memiliki mekanisme yang mudah. Hal ini bisa kita lihat sendiri dari berbagai mekanisme yang dilakukan para ahli tersebut sehingga kita akan lebih mudah untuk menirunya.

Jadi, ini akan meringkas berbagai pertimbangan dalam memilih saham mana yang terbaik. Anda cukup mengikuti cara dari ahli trader tersebut dengan mengharapkan bisa mendapatkan keuntungan dari peruasahaan yang telah dipilih.

Anda hanya perlu mempertimbangkan trader pilihan yang tepat untuk diikuti cara kerja mereka. Untuk mencari trader terbaik bisa dilihat dari sepak terjangnya yang bisa terpantau dari statistiknya.

Anda juga bisa menggunaakan bantuan platform untuk meminimalkan kerugian karena sudah ada stop loss yang akan menghentikan kerugian tersebut.

3. Tempat Belajar Trading

belajar trading

Untuk belajar trading bagi trader pemula, salah satu caranya adalah dengan melakukan copy trading. Hal ini lebih meringkas waktu Anda untuk memilih investasi yang terbaik. Anda bisa mengikuti petunjuk dan perlakuan yang dilakukan oleh top trader pilihan Anda.

Dengan demikian, sedikit demi sedikit kemampuan akan strategi berinvestasi bisa Anda terapkan sendiri karena sudah mengetahui sistemnya seperti yang dijalankan oleh trader ahli tersebut.

4. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Fungsi terakhir dari copy trading adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak dapat dipungkiri dengan menjalankannya bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam hal pembiayaan.

Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat apabila memilih trader terbaik, Dengan demkian, tentu hal ini akan menambah penghasilan Anda.

Tidak hanya bermanfaat untuk trader pemula atau yang mengcopy trader saja yang mendapatkan keuntungan. Ahli trader tersebut juga mendapatkan komisi dari keuntungan yang diperoleh. Jadi, mereka yang dicopy oleh orang lain ini juga mendapatkan profit.

Jadi, keduanya akan saling diuntungkan sehingga banyak juga yang master trader yang senang jika ada yang menyalin strateginya.

Kelebihan dan Kekurangan Copy Trading

Semua yang perlu diketahui dari layanan copy trading tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Bagi para trader juga harus mengetahui kelebihan dan mengurangi risiko trading dengan mengandalkan copy trader ketika menjadikan role model master trading untuk mereka.

Simak penjelasannya berikut ini agar bisa lebih memaksimalkan potensi copy trading dan meminimalkan kerugian yang terjadi.

1. Kelebihan Copy Trading

Kelebihan dari copy trading sempat disinggug pada fungsinya. Untuk lebih jelasnya, copy trading bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Diantaranya adalah cocok untuk pemula karena tidak perlu memikirkan pengetahuan yang mendalam.

Trader pemula cukup tahu hal dasar tentang trading tanpa harus menguasai keahlian mumpuni. Selain itu, dunia trading pada umumnya memiliki risiko yang besar, tetapi apabila menggunakan copy trading maka risikonya menjadi lebih minim.

Hal ini karena Anda bisa dengan mudah menyalin trader lain dan mempelajari strategi yang mereka gunakan. Dengan demikian, hasilnya menjadi lebih menguntungkan buat Anda.

Hal yang menarik lainnya dari copy trading adalah lebih praktis karena sistemnya akan berjalan otomatis. Tidak perlu untuk melakukan trading secara manual. Namun, penting untuk terus melakukan pemantauan dari jumlah investasi yang dilakukan oleh trader tersebut.

Pemantauannya tentu jauh lebih mudah dan tidak terlalu ketat seperti ketika melakukan trading sendiri.

2. Kelemahan Copy Trading

Copy trading juga memiliki kerugian copy trader yang perlu untuk diwaspadai, berikut adalah beberapa kerugiannya:

1. Harus Bayar Komisi

bayar komisi

Meski mudah dipakai dan diterapkan, Anda harus membayar komisi kepada trader profesional tersebut. Jadi, untuk mengcopy-nya tidak langsung dilakukan secara gratis tetapi harus membayar komisi.

Para trader ahli yang disalin oleh Anda akan menetapkan komisi untuk sistem yang mereka berikan. Jadi, apabila Anda sudah berhasil dan mendapatkan keuntungan maka ada potongan untuk diberikan ke master trader tersebut.

Dengan begitu, Anda juga perlu mempertimbangkannya sebelum memilih master trader yang digunakan. Ketahui apa pembayaran yang mereka tetapkan meminta dalam jumlah yang besar atau tidak.

2. Tidak Selalu Berhasil

Kelemahan berikutnya dalam copy trading yaitu tidak selalu berhasil menjalankan trading. Jadi, setiap melakukannya pasti ada risiko bahwa cara tersebut tidak berhasil mendapatkan profit. Jadi, tidak semua role model yang Anda ikuti dapat berhasil.

Setiap trader profesional tidak mesti berhasil dalam menjalankan tradingnya. Wajar jika profesional saja melakukan kesalahan.

Tips Bagi Para Copy Trader yang Penting

Bagi Anda yang ingin melakukan cara ini, ada hal yang perlu diperhatikan supaya lebih besar lagi keuntungannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pelajari dan Lakukan Riset dari Akun Trader

Tips pertama yaitu melakukan riset terlebih dahulu dari akun top trader. Sebagai pemula, pilih akun top trader yang memiliki risiko kecil dalam melakukan strateginya.

Dengan demikian, akan mengurangi kesalahan dan kerugian lebih banyak sehingga penting untuk menetapkannya sesuai kebutuhan. Lihat trek rekornya apakah memiliki performa yang stabil dan berhasil memenangkan trading dengan baik.

Plih yang konsisten dan terus mendapatkan keuntungan meski dalam persentase yang rendah. Ini lebih baik dibandingkan dengan memilih trader yang menghasilkan profit besar, tetapi tidak bertahan lama.

2. Jangan Pernah Melakukan Cut Manual

Cut manual adalah pilihan yang tepat apabila trading yang dilakukan oleh master trader terus mengalami penurunan. Hal ini bertujuan agar bisa mengurangi kerugian yang lebih besar lagi. Jadi, sebelum bertambah parah, penting untuk memotongnya dengan segera.

Perhitungkan banyaknya risiko yang bisa diterima lewat platform yang menyediakan fitur copy trading stop loss. Hal ini berguna ketika trader semakin memperbesar nilai SL dari yang seharusnya.

3. Tetap Perlu Mengasah Keterampilan

Tips terakhir yang dapat dilakukan adalah penting untuk tetap mengasah keterampilan dalam melakukan trading. Jadi, Anda jangan percaya sepenuhnya kepada top trader tersebut. Penting untuk terus belajar terkait analisis trading sehinga berubah menjadi profesional.

Perlu menyediakan waktu untuk terus mengasah kemampuan agar menjadi lebih handal.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai copy trading. Copy trading adalah layanan yang sering dipakai untuk menyalin strategi yang dimiliki oleh master trader untuk ditetapkan ke akun Anda sehingga bisa menimbulkan keuntungan lebih.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
setahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence