By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

10 Saham Termahal di Indonesia dan Faktor yang Mempengaruhi

saham indonesia termahal

Sebelum mengetahui siapa saja emiten yang memiliki harga di atas rata-rata, terlebih dahulu perlu diketahui bagaimana mekanismenya. Harga tidak serta merta langsung tinggi atau anjlok begitu saja.

Pasti ada sebuah mekanisme yang menjadi pemicunya. Apakah perusahaan besar dipastikan harga sahamnya tinggi? Ternyata ini juga masih perlu dikaji lebih mendalam supaya tepat dalam analisanya.

Berkaitan dengan pasar, tentunya banyak faktor ikut berpengaruh terhadap harga. Sebab tidak hanya ada 1 atau 2 pemain saja, melainkan bisa ratusan bahkan ribuan kompetitor. Ini perlu dipahami dulu sebelum memulai membeli saham sebagai investasi.

Faktor Paling Berpengaruh Terhadap Harga Saham

Saham termahal di Indonesia bisa saja merupakan alternatif investasi menguntungkan. Tapi pernahkan bertanya, mengapa bisa begitu tinggi dibanding dengan kompetitor lainnya? Berikut faktor-faktor paling berperan dalam harga.

Kurs Rupiah terhadap Valuta Asing
Fluktuasi nilai Rupiah terhadap US Dollar Amerika paling berpengaruh pada harga saham perusahaan terbuka. Terutama yang aktif dalam kegiatan ekspor dan impor. Perusahaan akan lebih fokus untuk penyediaan modal operasionalnya.

Kinerja dan Stabilitas
Salah satu fundamental penyebab saham termahal di Indonesia adalah kinerja perusahaan. Performa dalam menjaga stabilitas kinerja sangat berpengaruh. Maka wajib melihat seperti apa profil perusahaan sebelum memilihnya.

Kepanikan dan Manipulasi
Kepanikan pasar modal rentan terjadi, terkadang hal itu dipicu oleh manipulasi harga yang sengaja dilakukan perusahaan. Sengaja menggalang kekuatan pemberitaan media, untuk memposisikan saham di level tinggi sehingga investor akhirnya menjual kepemilikan mereka.

Hype Pasar Saham
Tren jual beli juga besar pengaruhnya terhadap penentuan saham termahal di Indonesia. Dalam satu waktu bisa melonjak sangat tinggi, namun beberapa saat berikutnya langsung terjun bebas.

Kondisi Perekonomian Negara
Perekonomian negara berperan sebagai faktor yang mempengaruhi perubahan harga saham, terutama perusahaan lokal. Pemicunya adalah inflasi, akibat berbagai hal atau deflasi yang melanda.

Suku Bunga
Suku bunga berkaitan dengan kebijakan finansial dan moneter sebuah negara. Suku bunga naik, utang perusahaan naik, laba turun. Ini akan berimbas pada harga saham perusahaan tersebut yang turun karena investor takut tidak dapat pembagian laba perusahaan.

Kebijakan Perusahaan
Salah satunya kebijakan bergabung atau merger dengan perusahaan lain. Masyarakat akan berasumsi keuangan perusahaan makin kuat. Sehingga memicu investor beramai-ramai membeli saham, otomatis harganya akan melambung tinggi.

Kelebihan Kekurangan Harga Saham Tinggi dan Rendah

Bukan hanya faktor-faktor harga yang perlu diperhatikan saat mulai investasi. Tapi kelebihan dan kekurangannya juga harus diantisipasi. Sehingga tidak terjebak dalam membuat keputusan membeli saham emiten.

Kelebihan dari saham termahal di Indonesia tentu ada pada potensi return. Semakin banyak pengembalian atau return bisa diraih oleh investor. Karena alasan ini, banyak yang tidak terlalu peduli seberapa banyak harus mengeluarkan uang guna membeli.

Fokus utamanya adalah keuntungan meski secara hitungan kasar sebanding dengan modal. Modal besar untung besar, sudah jadi prinsip yang dipahami setiap pebisnis maupun investor.

Lalu jika rendah apakah ada nilai plusnya? Tentu saja ada, ini merupakan peluang bagi investor pemula. Dananya kecil tidak masalah, sebab masih bisa membeli saham dari emiten yang terjangkau.

Selanjutnya bisa tetap melakukan aktivitas jual beli. Sehingga didapat keuntungan apalagi saat terjadi lonjakan. Karena dalam pasar modal semua kemungkinan bisa saja terjadi dan menghasilkan saham termahal di Indonesia.
Dibalik sisi kelebihan tentu ada kekurangannya. Diantaranya modal investor perlu ditingkatkan untuk mengimbangi portofolionya. Sebab harus membeli dengan harga jauh lebih tinggi dibanding prediksi sebelumnya.

Bagi perusahaan sendiri juga menyebabkan kerugian, sebab jumlah investornya bisa berkurang. Jika ini terjadi maka nilainya di bursa efek bisa jatuh. Bisa jadi tidak akan segera pulih, jika berkepanjangan bisa bangkrut.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Main Saham?

Menyikapi tinggi rendahnya harga, termasuk saham termahal di Indonesia paling tepat adalah menentukan kapan akan mulai bermain. Tidak setiap waktu bisa memberikan keuntungan secara signifikan, jadi dalam berinvestasi perlu perhitungan juga.

Karena jika tidak membuat perhitungan dari awal, bisa dipastikan 100% akan mengalami kerugian besar. Maka dari itu bila ingin mendapatkan hasil investasi yang maksimal, persiapkan beberapa hal penting sebelum memulai.
Paling ideal adalah membeli pada kuartal tahunan, pada periode kuartal 1 yaitu tanggal 1 sampai dengan 30 April. Kuartal kedua pada tanggal 1 sampai dengan 30 Juli, kemudian kuartal 3 pada periode 1 sampai 30 Oktober. Kuartal empat pada periode 1 sampai 30 Maret.

Waktu ideal lainnya adalah pada saat ada sale besar-besaran. Biasanya terjadi akibat merosotnya harga di bursa efek. Ini kesempatan bagi para pemula menyusun portofolio, membeli sebanyak-banyaknya lembar berharga murah.

Sentimen negatif dapat menyebabkan harganya turun. Terutama perusahaan berfundamental bagus. Sebelum melonjak dan beralih jadi saham termahal di Indonesia, segera manfaatkan peluang tersebut untuk membelinya.

Perhitungan dana yang dimiliki sebelum memutuskan untuk investasi. Kedepannya akan butuh lebih banyak modal, sehingga bisa menghabiskan banyak uang. Jadi pembuat perencanaan lebih matang sebelum memulai.

Ini penting dilakukan sebelum memasuki periode tiap kuartal. Dan berlaku bagi siapa saja, baik pro maupun pemula. Semua kalangan bisa mencoba memainkan investasi ini mulai mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga, para profesional dan sebagainya.

10 Saham Termahal di Indonesia

Harga saham di bursa efek sangat bervariasi, ada ratusan. Harga paling rendah dari semuanya adalah sebesar Rp 50/unit, biasa disebut saham gocap. Lalu standar dikatakan mahal sendiri di BEI adalah harga minimal Rp 10.000/unit.

  1. PT Bayan Resources Tbk, kode BYAN, sebesar Rp 66.975 per unit. Saham termahal di Indonesia dan perlu analisa lebih tajam jika Anda akan ikut berinvestasi di emiten ini.
  2. PT Indo Tambangraya Megah Tbk, kode ITMG, sebesar Rp 43.850 per unit.
  3. PT DCI Indonesia, kode DCII, senilai Rp 37.900 per unit.
  4. United Tractors, kode UNTR, senilai 35.500 per unit.
  5. Dian Swastatika Sentosa Tbk, kode DSSA, senilai Rp 34.000 per unit.
  6. PT Solusi Tunas Pratama, kode SUPR, senilai Rp 33.550 per unit.
  7. PT Gudang Garam Tbk, kode GGRM, senilai 23.900 per unit.
  8. PT Metropolitan Kentjana Tbk, kode MKPI, senilai 22.500 per unit.
  9. Indointernet Tbk, kode EDGE, senilai Rp 20.000 per unit
  10. Saham termahal di Indonesia ke-10 adalah PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk, kode GMTD senilai Rp 14.525 per unit.

Daftar di atas adalah 10 besar yang ada di BEI, dan merupakan hasil analisanya. Namun ini tidak berlaku mutlak, pergerakan bisa terjadi setiap waktu. Dari paling tinggi, langsung terjun ke paling rendah mungkin terjadi.

Paling penting dalam menyikapi kemungkinan seperti ini adalah tujuan awal Anda berinvestasi. Nantinya akan paham seperti apa risiko yang akan dihadapi. Termasuk cara bagaimana mengelola saham termahal di Indonesia.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
setahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence