By ABA Invest, Updated at 23 Jun 2023

Rekomendasi 10 Film Tentang Saham yang Wajib Ditonton Investor

10 film tentang saham

Berbagai genre film dengan cerita menarik seringkali membuat penonton terhanyut. Tak terkecuali film tentang saham dengan gambaran berbagai kisah investasi dari berbagai belahan dunia.

Cerita yang diangkat bukan hanya dalam hal investasi saham semata tapi bagaimana tokoh menghadapinya. Saat jatuh miskin karena salah langkah bahkan kejahatan yang bisa muncul dalam dunia saham.

10 Rekomendasi Film Tentang Saham yang Keren Habis

Jika suka menonton, film tentang trading menjadi acuan untuk referensi terbaik. Apakah film yang dimaksud hanya bisa dimengerti oleh orang yang berkecimpung dalam dunia saham? Oh, tidak, film tentang investasi, saham dan trading ini tetap menarik untuk berbagai kalangan.

Khusus pelaku trading menonton film saham dapat menambah ilmu dan pengetahuan. Selain itu perlunya kehati-hatian dalam bermain saham dan jeli ketika memutuskan jual atau beli saham.

Bahkan, terdapat pelajaran moral yang bisa diambil dari konflik yang ada dalam film tersebut. Biar tidak penasaran lagi, ini dia rekomendasi film tentang saham yang keren habis!

1. Film The Smartest Guy in the Room (Enron)

Film The Smartest Guy in the Room (Enron)
Sumber: Hulu

Enron adalah film dokumenter dengan sepak terjang perusahaan energi hingga jatuh bangkrut pada tahun 2001. Terdapat 3 tokoh dalam kebangkrutan Enron yaitu Kenneth Lay, Andrew Fastow dan Jeff Skilling.

Ketiganya melakukan suatu kejahatan industri terbesar di Amerika yaitu menutupi kerugian perusahaan Enron. Cara ketiganya memang canggih tapi tetap saja ada celah sehingga ketahuan saat ada kenaikan harga saham yang tidak wajar.

Kejadian tersebut membuat kedua jurnalis Bethany McLean dan Peter Eklind melakukan banyak hal untuk menanggulangi. Selain cerdik, sarat ilmu dan wawasan baru dan pemula wajib nonton film keren ini.

2. Equity

Film Equity
Sumber: techstars.com

Rekomendasi film berikutnya yang apik dan menarik adalah Equity. Film thriller khusus financial fraud ini mulai beredar pada tahun 2016. Tokohnya adalah Naomi Bishop seorang bankir investasi dengan tekad membaja mengatasi reputasi profesionalnya.

Sebagai bankir dengan banyak teman lelaki kantornya, ia tetap bergerak mengelola berbagai teknologi baru. Banyak yang angkuh dan merendahkan kinerjanya hingga banyak ganguan dalam setiap ide yang ia tekankan dalam pekerjaan.

Untuk melawan berbagai hal tersebut, Naomi semakin giat melakukan banyak hal. Bahkan penyidikan teman kuliah yang seorang jaksa penuntut hukum investasi federal hingga tipuan sang pacar.

Pacarnya ketahuan melakukan berbagai transaksi ganda hingga pengkhianatan klien terpercaya yang dapat menghancurkan segala yang sedang dirintis.

3. Barbarians at The Gate

Barbarians at The Gate merupakan rekomendasi film saham yang tayang pada tahun 1993 lalu. Berkisah tentang CEO perusahaan yang bernama Ross Johnson dengan berbagai konsep trading investasi saham menarik.

Berasal dari adaptasi buku karya Bryan Burrough dan John Helyar, para pelaku saham dapat menambah ilmu tentang leveraged buyout atau pembelian berhutang.

4. Trading Places

Film dunia saham yang tak kalah kerennya adalah Trading Places yang rilis pada tahun 1983. Genre film drama dengan cerita tentang Randolph yang dibintangi Ralph Bellamy dan Mortimer yang diperankan Don Ameche.

Perusahaan keduanya bernama Duke & Duke dan berjalan dengan normal. Pada akhirnya bertemu dengan seseorang bernama Billy Ray Valentine yang diperankan dengan bagus oleh Eddie Murphy.

Pertemuan itulah yang membuat jalannya perusahaan mulai oleh. Tawaran kerjasama menggiurkan dari Valentine berujung tipuan terhadap Duke & Duke. Imbasnya kedua pemilik yaitu Randolph dan Mortimer mulai keteteran.

Dengan lagak penuh meyakinkan Valentine berhasil memulai aksi tipuan tersebut. Ternyata Valentine menipu dengan cara canggih berupa tipuan saham investasi bodong.

5. Becoming Warren Buffet

becoming warren buffet
Sumber: Hotstar

Memiliki kisah luar biasa dan menarik film menceritakan perjalanan karir Warren Buffet sebagai investor populer pada abad 20. Dunia mengenal Warren sebagai pebisnis saham yang canggih dengan berbagai keputusan tepat dalam film dokumenter ini.

Sebagai pialang saham Amerika yang cerdik, Warren belajar dari Benjamin Graham. Ia mempelajari value investing dengan jeli dan teliti. Film tentang saham yang menarik dan keren sekali karena menceritakan secara detail pergolakan saham dunia.

Sangat cocok untuk rekomendasi para pemain saham baik sebagai investor atau trader. Wawasan kecerdikannya dalam melihat saham bisa menjadi acuan dalam dunia trading.

6. The Big Short

Mulai rilis pda tahun 2015 lalu, film tentang saham yang pas ditonton agar lebih peka melihat pergolakan harga dalam bisnis trading. Adam McKay sebagai sutradara memberikan sesuatu yang berbeda dengan settingan tahun 2007 saat krisis moneter belum menerjang Amerika.

Adanya krisis bukannya menyebabkan kerugian tapi keuntungan luar biasa untuk orang-orang tertentu. Salah satunya pialang saham Mark Baum yang dibintangi Steve Carell. Komisi yang besar menjadikan para pialang saham merayu dan menghasut klien kredit rumah dan harga tinggi.

Orang awam yang tidak tahu saham dan finansial menurut saja sehingga saat krissi tidak mampu menjual kembali rumah tersebut. Film ini dibintangi pula oleh Ryan Gosling, Brad Pitt higga Christian Bale.

Para aktor terkenal itu membuat film penipuan saham dapat meraup penonton lebih banyak dengan ide cerita tak biasa.

7. Boiler Room

boiler room film
Sumber: IMDB

Jika menginginkan kisah unik lain tentang trading Boler Room dapat menjadi pilihan menarik. Film yang rilis pada tahun 2000 ini dengan bintang Vin Diesel. Vin terkenal menjadi Dom Toretto dalam Fast and Furious.

Dalam film tersebut Vin juga berhubungan dengan drama tentang saham. Boiler Room menempatkan Vin sebagai Seth, pemuda putus kuliah tapi super pandai dalam memutar keuangan.

Bahkan Seth pandai pula mengelola sebuah kasino ilegal dengan keuntungan lumayan. Suatu hari ia bertemu dengan seorang sepupu yang mengenalkannya pada dunia saham.

Kisah menjadi semakin meruncing tatkala kepandaian Seth dalam berpialang saham tapi kurang teliti akan saham bodong.

Semakin hari Seth semakin tak terkendali karena tamak dan tidak puas dengan apa yang dihasilkan. Banyak pelajaran moral didapatkan jika menonton fim drama dengan bintang yang bermain apik ini.

Akting yang bagus membuat film ini menarik dan tidak membosankan untuk ditonton. Vin sangat mendalami saat berperan sebagai Seth sehingga film terlihat hidup dan memberi banyak ilmu dalam dunia saham.

8. Wall Street

Wall Street merupakan film tentang saham dengan sutradara keren, Oliver Stone. Rilis tahun 1987 bisa dikatakan film diangkat dari kisah nyata meskipun tidak semuanya.

Oliver Stone ternyata memiliki ayah seorang pialang saham sehingga ia membuat film yang dipersembahkan untuk sang ayah tercinta. Namun, terdapat tokoh dengan karakter yang kurang bagus untuk ditiru.

Film berkisah tentang pemuda yang berguru kepada Gordon Gekko. Bud, nama pemuda tersebut menuruni banyak ilmu dan dipraktekkan di Wall Street. Dari ilmu tersebut Bud dengan akting epik Michael Douglas ini berani memanipulasi harga saham dan keuntungan berlipat.

Tentu saja Bud melakukan berbagai praktek ilmu saham kotor dari sang guru. Praktek nakal dalam permainan saham membuat film ini menarik banyak penonton. Tak heran dibuatkan sekuel berikutnya dengan judul Wall Street: Money Never Sleeps.

Dalam sekuel kedua masih ada Michael Douglas dan sang sutradara Oliver Stone. Selain itu banyak pemain baru salah satunya Shia Labeouf sebagai murid Gordon yang baru.

Banyak pelajaran moral tentang praktik kotor pialang saham yang dapat menambah wawasan. Bagaimana saham bisa dimanipulasi dengan teknik yang tak semua orang mampu melakukannya. Hanya saja, tetap ambil baik dan buang praktek yang buruk.

9. Margin Call

Film Margin call
Sumber: fintechbd.com

Margin Call mulai rilis pada tahun 2011 dan bisa dibilang sebagai film tentang saham terbaik yang memberikan banyak ilmu trading. Jika tadi telah membahas The Big Short yang latar ceritanya sebelum krisis moneter, Margin Call memiliki latar yang hampir mirip.

Hanya saja kemiripan tersebut hanya beda satu hari sebelum terjadinya krisis moneter pada tahun 2008. Kisah berawal tentang seorang investor pemula dengan nama Peter. Peter menemukan kesalahan sangat fatal dalam pasar saham Wall Street.

Temuan ini membuatnya mampu mempengaruhi banyak orang dalam saham. Kejadian ini membuat film mulai menemukan konflik yang semakin memuncak dan menimbulkan emosional masing-masing tokoh.

Dari cerita film yang kelihatannya sederhana, tapi menampilkan sisi lain berupa rasa emosi yang kadang tak mampu ditekan. Untuk pemula yang sedang bermain saham, bisa jadi rekomendasi film pilihan sebagai dampak psikologis yang terdampak krisis moneter.

Krisis secara finansial memang tertera jelas dan ketakutan karena tekanan krisis yang tidak ada hentinya. Masuk dunia saham jika tidak pandai menetralkan psikis bisa berdampak ke hal lain hingga masalah pribadi.

10. Rogue Trader

Dari sebuah kisah nyata Nick Leeson tentang saham, film ini mampu menghipnotis pemirsanya. Film berkisah tentang bursa derivatif yang berjalan dengan normal dan dihandle manajer muda dari Singapura.

Dalam kisahnya yang epik, sebuah bank tertua di inggris yang telah berpengalaman bisa rugi mencapai miliaran dolar Amerika Serikat. Tentunya film dengan ide tak biasa ini memang spesial dan wajib ditonton meskipun telah rilis pada tahun 1999.

Penutup

Dunia saham penuh dengan ide dan taktik yang kadang tidak biasa dan keluar dari zona aman. Berbagai film mengabadikannya sebagai pembelajaran dan memang menarik untuk ditonton.

Sebagai pialang saham baik pemula atau profesional, sangat cocok menonton film tentang saham tersebut. Selain menambah wawasan, banyak ilmu baru yang mungkin akan ditemui saat bertualang dalam dunia trading.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
setahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
setahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
setahun yang lalu  3 minute
strategi divergence