By ABA Invest, Updated at 6 Jul 2023

Mengenal Artinya Hold saham dan Istilah Lainnya di Trading Saham

Artinya Hold saham

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah hold? Kali ini kita akan membahas mengenai hold artinya yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda memahami arti hold saham dengan baik untuk memudahkan bermain saham. Yuk cari tahu selengkapnya di artikel berikut ini ya!

Hold Saham Artinya Apa?

Istilah hold sering kali ditemukan dalam saham, hal ini berhubungan dengan kegiatan jual beli yang dilakukan. Arti kata hold dalam bahasa Indonesia adalah memegang. Tetapi, dalam saham hal ini diartikan berbeda.

Istilah hold dalam saham adalah sebuah permintaan yang digunakan untuk menahan proses yang sedang dilakukan. Dalam artian, permintaan ini dilakukan untuk menahan sebuah proses.

Jika Anda mendapatkan perintah hold proses pengerjaan produk maka, Anda diminta untuk tidak melakukan apapun. Sehingga semua proses atau intruksi yang diberikan tidak perlu dilanjutkan.

Fungsi Hold dalam Saham

Setelah memahami pengertian kata hold pada saham, selanjutnya kita akan membahas fungsinya. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa menggunakan istilah hold sesuai dengan fungsi yang dimiliki.

Terdapat beberapa fungsi istilah hold yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Mempertahankan Saham

Hold artinya menahan, sehingga kata ini berfungsi penting untuk menahan saham. Dalam artian, Anda bisa menahan setiap proses saham yang sedang terjadi. Anda bisa menggunakan perintah ini untuk mempertahankan saham.

Biasanya hold saham ini bisa dilakukan ketika kondisi saham sedang mengalami rebahan. Sehingga Anda bisa mempertahankan kondisi saham Anda dengan baik. Pastikan saja Anda menggunakan istilah hold pada kondisi yang tepat.

2. Tidak Menjual Produk Saham yang Sama

Anda juga bisa menggunakan istilah hold untuk memberikan isyarat bahwa Anda tidak akan menjual saham yang sama lagi. Hal ini sangat penting untuk menjaga proses jual beli online dengan aman.

Pastikan saja Anda mengetahui kondisi pasar saham dengan baik. Sehingga Anda bisa menggunakan istilah hold dengan benar. Jangan sampai Anda salah menggunakan istilah ini supaya tidak mengalami kerugian.

3. Meminimalisir Kerugian

Hold untuk proses menahan saham penting untuk dipelajari supaya Anda bisa meminimalisir kerugian. Biasanya penggunaan istilah hold dilakukan apabila harga saham mengalami penurunan.

Jika harga saham turun, maka Anda bisa menggunakan istilah hold. Istilah ini akan membantu Anda mengurangi kerugian penjualan. Jangan lupa untuk memantau harga saham dengan baik sebelum melakukan transaksi supaya Anda tidak merugi.

Kapan Anda Perlu Menggunakan Hold Saham?

Penting sekali untuk memahami berbagai kondisi untuk menggunakan hold saham. Hal ini penting untuk dipelajari supaya Anda tidak salah dalam mengambil tindakan dan mengalami kerugian.

Terdapat beberapa kondisi yang tepat untuk menggunakan hold saham, sebagai berikut:

1. Uang Investasi Aman

Sebelum Anda menggunakan intruksi berupa permintaan untuk menahan saham. Pastikan bahwa Anda menggunakan uang invetasi yang aman. Hal ini penting karena proses hold yang dimaksud memerlukan waktu yang cukup yang lama.

Jika Anda menggunakan istilah hold, maka saham akan tersimpan atau dipegang dalam beberapa waktu. Hal ini memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa uang tersebut bukan uang panas yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan Anda.

2. Kondisi Saham Bagus

Menggunakan istilah hold artinya Anda siap menahan saham dalam keadaan apapun. Hal ini memerlukan fundamental yang kuat sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk menjual saham tersebut.

Kondisi saham yang bagus atau fundamental yang kuat akan membuat Anda tidak kebingungan ketika mengambil tindakan hold saham. Fundamental saham yang bagus akan membuat saham tetap menjadi incaran trader yang lain.

3. Saham Blue Chip

Penggunaan kata hold akan semakin aman jika saham Anda termasuk dalam kategori blue chip. Hal ini disebabkan karena saham blue chip banyak dipegang oleh trader atau investor. Sehingga fluktuasi saham tersebut tidak terlalu tajam.

Jika Anda berani mengambil tindakan hold artinya Anda perlu memperhatikan risiko yang bisa terjadi. Pastikan Anda tidak gegabah dalam menentukan tindakan hold supaya Anda tidak merugi.

Perbedaan Hold dan Cut Loss dalam Saham

cut loss

Setelah memahami tindakan hold dalam saham, penting bagi Anda untuk mengetahui cut loss. Hal ini perlu diketahui supaya Anda bisa melakukan kedua hal ini di waktu yang tepat. Beberapa perbedaan hold dan cut loss yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Waktu Penggunaan

Perbedaan pertama adalah waktu penggunaan hold dan cut loss. Hold biasanya digunakan untuk menghindari kerugian. Hold dapat dilakukan ketikan kondisi pasar sedang rebahan atau naik. Sehingga Anda bisa terhindar dari kerugian nilai saham yang mungkin bisa terjadi.

Sedangkan, cut loss dapat dilakukan untuk menghindari kerugian saham. Bisa dilakukan ketika harga suatu saham turun. Penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi pasar saham terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan cut loss.

2. Cara Kerja

Hold dan cut loss memiliki perbedaan cara kerja meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu menghindari kerugian. Hold menghindari kerugian dengan mempertahankan sahamnya sehinggga tidak akan menjual saham tersebut dalam waktu tertentu.

Sedangkan, cut loss menghindari kerugian saham dengan melakukan pemotongan kerugian. Hal ini dilakukan dengan cara menjual saham yang dimiliki. Biasanya penjualan saham dilakukan dengan memperhatikan harganya supaya lebih tinggi dari harga beli saham.

3. Kondisi Fundamental Saham

Apabila Anda ingin melakukan hold dan cut loss, penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi fundamental saham. Jika Anda ingin melakukan hold pastikan bahwa kondisi fundamental saham bagus, sehingga tidak akan berpengaruh pada kondisi perusahaan.

Jika Anda ingin melakukan cut loss Anda bisa menjual saham-saham yang tidak memiliki fundamental yang bagus. Dalam artian, keberadaan saham tersebut dapat memberikan kerugian bagi perusahaan Anda.

4. Kondisi Perusahaan

Kondisi perusahaan juga perlu diperhatikan ketika melakukan hold dan cut loss. Jika kondisi perusahaan baik lebih baik Anda melakukan hold untuk menghindari kerugian. Namun, jika kondisi perusahaan kurang baik, Anda bisa melakukan cut loss.

Demikianlah, pembahasan mengenai hold saham artinya apa dalam saham, sehingga Anda bisa mengambil tindakan ini ketika dalam situasi genting dan darurat. Silakan untuk memperhatikan dengan hati-hati kerugian saham yang akan didapatkan sebelum mengambil tindakan.

Share this article
Bacaan Lain

Mengenal Golden Cross Trading Saham: Poin Penting dan Cara Identifikasinya

Dunia trading sangat familiar dengan golden cross saham. Namun, tidak semua memahami makna dari golden cross tersebut khususnya bagi pemula yang baru mengenal trading. Untuk memahami lebih lengkap tentang karakteristik dan pengertiannya, bisa membaca lengkap artikel ini. Selain golden cross ada juga hal lain yang perlu diwaspadai karena berhubungan erat dengan keputusan jual beli saham. Mengenal Lebih Jauh Tentang Golden Cross Saham Secara umum, golden cross saham adalah sebuah pola dalam pe
2 tahun yang lalu  5 minute
golden cross dalam trading

Fibonacci Trading Metode Untuk Memprediksi Tren Harga pada Candle

Sudah pernah dengar istilah Fibonacci trading? Seperti yang telah diketahui, bahwa terdapat banyak metode analisis grafik aset trading, salah satunya adalah dengan metode Fibonacci. Apa sebenarnya maksud dan konsep dari metode Fibonacci? Agar anda lebih mudah memahami dan mengenal Fibonacci, metode analisis teknikal untuk trading yang satu ini, mari simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian Fibonacci, fungsi, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya. Pengertian Fibonacci Trading Pad
2 tahun yang lalu  5 minute
fibonacci trading

Divergence Trading: Jenis, Kelebihan, Contoh, dan Kegunaan Bagi Trader

Seorang trader akan memanfaatkan segala pengetahuan dan analisanya demi meraih keuntungan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat menentukan kondisi pergerakan suatu saham adalah Divergence. Apa itu Divergence Trading dalam investasi? Mari mengenal pemahaman dasar mengenai salah satu istilah dalam trading ini, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangan pada Divergence Trading. Pengertian Dasar Divergence dalam Trading Divergence merupakan sinyal dalam trading (pergerakan grafik) ya
2 tahun yang lalu  3 minute
strategi divergence